20 June 2011

Dong Yi, Sinopsis Film Jewel In The Crown Terbaru

Bagi Anda, penggemar serial drama Korea, terutama yang latar sejarah atau saeguk, kini bisa menyaksikan “Dong Yi, Jewel in the Crown”. Drama asal negeri ginseng ini diputar di stasiun televisi Indosiar, setiap Senin sampai Jumat, bertepatan dengan jam maksi atau pukul 12 siang. Di Korea, serial ini mulai diputar 22 Maret 2010 dan berakhir 12 Oktober 2010 yang lalu.

Jika anda penggemar berat tokoh Dae Jang Geum dalam “Jewel in The Palace” yang pernah begitu populer beberapa tahun silam, kemungkinan Anda akan menyukai Dong Yi. Kedua serial ini mempunyai kemiripan alur cerita. Dong Yi dan Jang Geum sama-sama berkisah tentang perjuangan perempuan biasa yang berhasil mewujudkan cita-cita mereka.

Aktor Ji Jin hee yang pernah berperan sebagai Min Jung Ho dalam “Jewel in the Palace”, kembali hadir sebagai Raja Sook Jong. Lawan mainnya aktris Han Hyo Joo yang berperan sebagai Choi Dong Yi. Penggemar Hyo Joo sebagai Go Eun Sung dalam “Brilliant Legacy” tentu penasaran dengan gaya beraktingnya dalam serial bergenre saeguk.

Aktor Bae Soo Bin, rekan main Hyo Joo dalam “Brilliant Legacy”, juga bermain dalam serial ini. Di sini, Bae berperan sebagai Cha Chun Soo, pria macho yang jago bela diri dan bermain pedang. Ia selalu melindungi dan menjaga Dong Yi. Pokoknya tipe pria impian, deh!

Kisah petualangan Dong Yi terdiri dari 60 episode, dengan latar belakang Dinasti Joseon dalam pemerintahan Raja Sook Jong. Mengisahkan tentang perjuangan Choi Dong Yi, puteri seorang koroner bernama Choi Hyo Won. Choi Hyo Won adalah pimpinan Geumgae (Sword Fraternity), sebuah perkumpulan rahasia yang didirikan untuk menolong cheonmin (rakyat dengan kelas sosial paling rendah atau budak), yang diperlakukan tidak adil.

Namun, Geumgae dijadikan kambing hitam atas serangkaian pembunuhan terhadap pejabat pemerintahan. Choi Hyo Won dan anak lelakinya, Choi Dong Joo, mati terbunuh saat berusaha meloloskan diri. Tinggallah Dong Yi menjadi pelarian sebatang kara.

Setelah remaja, Dong Yi memasuki istana sebagai pelayan air. Ia bertekad menyingkap konspirasi yang membunuh ayah dan kakak lelakinya. Berkat kecerdasan dan keahlian forensiknya, Dong Yi berhasil mendapatkan kepercayaan dan dijadikan dayang istana. Kejujuran dan kegigihan Dong Yi membuat Raja Sook Jong jatuh hati. Sang raja lalu menjadikan Dong Yi selir kesayangannya. Selanjutnya, Dong Yi melahirkan Pangeran Yeon Ing, yang akan menjadi Raja Yeongjo, raja ke-21 Dinasti Joseon.

“Dong Yi, Jewel in the Crown” memesona mata dengan keindahan dan kekayaan budaya Korea. Sutradara Lee Byung Hoon mengekspos keindahan istana beserta keunikan budaya tradisional Korea. Serial ini bertabur keanggunan hanbok (pakaian tradisional Korea) dengan bordiran yang indah dan tatanan rambut kaum bangsawan yang unik. Berbagai alat musik dan tarian tradisional Korea juga turut ditampilkan di sini. Selain menghibur, serial ini juga menambah pengetahuan Anda tentang kebudayaan Korea.

Pemain
Han Hyo Joo sebagai Choi Dong Yi. Aktris sekaligus model bertinggi badan 172 cm ini mulai memasuki dunia hiburan setelah memenangkan kontes kecantikan remaja tahun 2003. Awalnya, Hyo Joo ragu menerima peran tersebut, mengingat ia harus memerankan Dong Yi dari remaja hingga berusia 50 tahunan. Apalagi, ia harus mampu memainkan haegeum, sejenis alat musik gesek tradisional Korea. Namun Hyo Joo telah membuktikan kemampuannya. Ia menerjemahkan sosok Dong Yi dengan apik. Kelar berperan sebagai Dong Yi, Hyo Joo ditantang untuk memerankan karakter gadis tuna netra dalam “Only You” bersama aktor So Ji Sub.

Ji Jin Hee sebagai Raja Sook Jong. Aktor kelahiran tahun 1971 ini berperan sebagai raja Sook Jong, raja ke-19 Dinasti Joseon (Chosun). Tahun 2004 yang lalu, Ji Jin Hee mematahkan hati banyak wanita dengan menikahi kekasihnya, Lee Su Yon.

Bae Soo Bin sebagai Cha Chun Soo, kakak angkat Dong Yi. Aktor yang bernama asli Yoon Tae Wook ini berulang tahun setiap 9 Desember 1976. Dengan tinggi badan 180 cm dan berat 68 kg, ia cocok bermain sebagai Chun Soo yang jagoan. Bae Soo Bin belajar beladiri dan bermain pedang demi perannya dalam serial ini.

Lee So Yeon sebagai Jang Hee Bin atau Jang Ok Jung. Jang Hee Bin melahirkan putera mahkota Gyeongjong, yang akan menjadi raja ke-20 Dinasti Joseon. Lee So Yeon, dengan mata bulatnya, memainkan karakter Jang dengan apik dan ekspresif. Lee banyak bermain dengan ekspresi wajah dan mata untuk menunjukkan sisi kelam Jang. Ia nampak dingin, anggun, sekaligus kejam. Selepas membintangi Dong Yi, Lee So Yeon sibuk menggarap “My Love By My Side”.

Jung Jin Young sebagai Seo Yong Gi, seorang inspektur polisi “lurus” yang banyak membantu dan melindungi Dong Yi. Aktor berusia 46 tahun ini termasuk jajaran pemain film “The King and the Clown”, salah satu film tersukses di Korea.

Sinopsis
Kisah berawal pada tahun 1681 M, tahun ke-7 pemerintahan Raja Sook Jong dari Dinasti Joseon. Saat itu terjadi serangkaian pembunuhan terhadap beberapa pejabat pemerintahan. Salah seorang korban yang sekarat ditemukan oleh anak perempuan bernama Choi Dong Yi. Korban ini memberikan isyarat tangan yang tak dimengerti oleh Dong Yi.


Ayah Dong Yi adalah Choi Hyo Won, seorang koroner yang cerdas. Inspektur polisi Seo Yong Gi meminta bantuan Choi Hyo Won untuk memecahkan kasus pembunuhan para pejabat tersebut. Inspektur Seo memberikan kepercayaan penuh dan mengandalkan kemampuan Hyo Won, meski ia berasal dari kalangan cheonmin atau rakyat kelas rendah.

Dong Yi mempunyai kakak lelaki bernama Choi Dong Joo yang mahir memainkan haegeum dan berprofesi sebagai pemusik istana. Ayah Dong Yi adalah ketua Geumgae, sebuah perkumpulan rahasia yang menolong dan melarikan cheonmin yang diperlakukan tidak adil. Dong Joo juga menjadi anggota perkumpulan tersebut.

Geumgae difitnah dan dijadikan kambing hitam sebagai dalang dari pembunuhan para pejabat. Ayah dan kakak lelaki Dong Yi tewas saat berusaha meloloskan diri, tapi Dong Yi berhasil kabur. Ia bertekad, suatu saat, akan mengungkap konspirasi yang telah menjebak serta mengorbankan ayah dan kakaknya.

Setelah remaja, Dong Yi berhasil masuk ke dalam istana sebagai pelayan air. Ia berusaha menemukan orang yang telah memfitnah dan menyebabkan kematian ayah dan kakaknya. Keahlian forensik yang dipelajari dari sang ayah, membuat Dong Yi berhasil menyelamatkan Dayang Jang dari fitnah. Dayang Jang adalah dayang kesayangan Raja Sook Jong. Jang lalu mempromosikan Dong Yi menjadi dayang istana di Biro Pengawas, sedang Jang sendiri diangkat menjadi selir. Sejak menjadi dayang di biro pengawas istana, kemampuan Dong Yi dalam menginvestigasi semakin terasah.

Namun, Jang yang berambisi menjadi ratu dengan segala cara, memaksa Dong Yi terseret dalam pusaran intrik, dan akhirnya menjadi pihak yang berseberangan dengan sang selir. Demi mewujudkan ambisinya, Jang tega membunuh ibu mertuanya sendiri, Ratu Dowager. Jang menimpakan kesalahannya kepada saingan bercintanya, Ratu Inhyeon. Selanjutnya Jang naik takhta menjadi ratu.

Dibantu oleh orang-orang yang menyayanginya, Dong Yi harus jatuh bangun menghadapi Jang dan sekutu-sekutunya yang amat berkuasa. Karena kejujurannya, Dong Yi menjadi orang kepercayaan Ratu Inhyeon. Dong Yi bertekad membersihkan nama baik Ratu Inhyeon dan membongkar kejahatan Jang beserta kroninya.

Kejujuran, kepandaian, dan kegigihan Dong Yi, memikat hati Raja Sook Jong. Padahal Dong Yi juga dicintai oleh kakak angkatnya, Cha Chun Soo. Chun Soo dulu adalah anggota Geumgae sekaligus sahabat baik Dong Joo. Sebelum dieksekusi, Dong Joo menyampaikan pesan ayahnya agar Chun Soo meneruskan perjuangan Geumgae dan menjaga Dong Yi. Hanya Chun Soo yang tahu masa lalu Dong Yi dan selalu melindunginya.

Kisah semakin seru dan membuat penasaran saat Jang mengetahui perasaan Raja Sook Jong terhadap Dong Yi. Raja Sook Jong memilih mempercayai Dong Yi dibanding Jang. Kecemburuan ditambah perasaan terancam bergejolak dalam hati Jang. Apalagi Dong Yi menyimpan informasi dan bukti kejahatan Jang yang membuatnya menjadi musuh yang amat berbahaya. Jang berusaha dengan segala cara untuk melenyapkan Dong Yi.

Begitu banyak rintangan yang harus dihadapi Dong Yi, padahal ia masih harus mencari dalang yang memfitnah Geumgae dan membersihkan nama baik keluarganya. Kelak, Dong Yi akan menggunakan kekuasaan yang dimilikinya untuk menolong rakyat kecil yang tertindas. Dong Yi menjadi Sook-bin yang dicintai oleh rakyatnya.

No comments:

Post a Comment