15 June 2011

Alasan Android Lebih Hebat Daripada iOS

Seperti yang kita ketahui, Apple membawa update yang cukup signifikan pada iOS 5. Integrasi Twitter, iMessage dan penyimpanan online kini sudah tersedia di iOS. Namun apakah fitur ini bisa semakin memperkuat iOS menjadi sistem operasi smartphone terbaik? Belum tentu.

Android masih memiliki beberapa fitur yang terintegrasi langsung ke sistem operasi yang tidak dimiliki oleh iOS. Berikut detailnya.

GPS Map

Map native dari Android menawarkan fitur yang lebih atraktif dengan tampilan 3D, snap video langsung ke lokasi yang dituju, dan panduan suara yang telah ada sejak Oktober 2009. Sedangkan map native iOS menawarkan tampilan yang sedikit kuno dan tidak berpanduan suara. Mengharuskan pengguna iOS untuk terus melihat ke handset dan membaca petunjuk jalan. Walaupun untuk mendapatkan fitur tersebut pengguna iOS bisa saja mengakali dengan Navigon dan MapQuest, tapi tidak terintegrasinya fitur yang atraktif tersebut kedalam aplikasi standar dari sistem operasi membuat iOS kalah satu langkah.
Ponsel Android
Pengaturan Aplikasi Bawaan

Masih mengambil contoh diatas. Kekurangan iOS dalam hal navigasi pada GPS tidak akan semakin menjadi masalah jika seandainya penggunaan aplikasi pihak ketiga bisa diatur sebagai bawaan (default). Untuk Android membuat aplikasi pihak ketiga menjadi default bukanlah hal yang sulit. Contohnya pengguna Android dapat dengan mudahnya mengatur aplikasi Dolphin HD Browser menjadi aplikasi bawaan menggantikan browser bawaan dari Android. Sehingga jika kita mengklik satu link semuanya akan langsung dibuka oleh Dolphin HD Browser tersebut. Hal ini berlaku juga untuk semua aplikasi pada Android.

Perluasan Perintah Suara

Rumor bahwa iOS 5 akan membawa fitur perintah suara tampaknya tidak muncul di update iOS 5 kali ini. Hal ini membuat Android semakin maju satu langkah karena telah menyediakan fitur perluasan perintah suara yang langsung terintegrasi dengan sistem operasi, salah satu contohnya adalah fitur pencarian melalui suara langsung melalui widget pada layar 'homescreen' Android. Memudahkan pengguna Android mencari informasi di tengah kesibukan gerak yang tinggi. Contoh lainya adalah pengguna Android dapat langsung mendikte penulisan baik itu melewati email, pesan sms, pencarian kontak dan catatan atau sekedar mencari petunjuk jalan cukup dengan berbicara pada smartphonenya.

Widget

Saat anda pertama kali berkenalan dengan Android maka mata anda pasti tertuju langsung kepada 'homescreen' Android yang bisa memuat banyak widget semau kita. Ciri khas Android ini yang membuatnya semakin di cintai oleh para pengguna smartphone. Keluasan pengaturan yang tidak dimiliki oleh iOS membuat Android menjadi smartphone yang anti-bosan. Widget ini memuat banyak informasi tergantung dari aplikasi yang termuat pada widget tersebut. Pengguna Android dapat membaca berita langsung dari 'Homescreen' tanpa harus masuk ke aplikasi, melihat cuaca dengan animasi yang lucu, mereka juga bisa mendengar musik cukup dengan sekali sentuh, mengikuti skor pertandingan online, memantau aktifitas tasking pada smartphone dan sebagainya.

Hardware dan Multitasking Sesungguhnya

Selain software digdaya yang terintegrasi pada sistem operasi, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Android menjadi pelopor yang update dengan penggunaan spesifikasi hardware tingkat tinggi. Dibekali oleh layar lebar yang memanjakan mata seperti misalnya dari Super Amoled pada Samsung Galaxy S2 membuat pengguna Android semakin nyaman mengakses fitur multimedia seperti menonton video beresolusi HD, browsing dan bermain game. Penggunaan multi Prosesor dan Ram super besar layaknya PC membuat Android semakin mulus mengeksekusi berbagai aplikasi dalam waktu bersamaan. Fitur real Multitaskingpun semakin halus berjalan. Adanya slot memori eksternal serta port micro usb menjadi nilai tambah tersendiri untuk Android. Sepertinya dalam soal penggunaan hardware iOS kalah telak disini. Akan tetapi jika kita kembali ke performa maka Android belum bisa seefisien iOS dalam manajemen pengolahan aplikasi. Selalu ada kelebihan dan kekurangan, bukan begitu? Baca juga Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah 

No comments:

Post a Comment