12 January 2009

CARA MERAWAT PONSEL

Cara Merawat Ponsel

Biar Ponsel Anda awet dan panjang usia, tentunya memerlukan perawatan
Ada beberapa Tips untuk memperpanjang usia ponsel Anda :

• Merawat baterai
Kenali jenis Baterai anda, Lithium (Li-ion) atau bukan (NiCad atau NiMH). Perbedaan kedua jenis baterai ini, menurut pakar sangat mendasar. Jenis Lithium bisa di charge kapan saja tanpa menunggu baterai baterai habis. Jenis Nickel membutuhkan perhatian lebih khusus, karena harus menunggu setrumnya benar-benar habis, sampai tidak bisa lagi dipakai untuk menghidupkan ponsel, sebelum ponsel di charge.
Agar baterai tidak cepat rusak, pengecasan baterai harus mengikuti intruksi yang ada di petunjuk manual book. Ada baiknya saat baterai di charge, ponsel dalam kondisi mati, agar proses pengecasan lebih sempurna.

• Hindarkan ponsel dari air & panas
Perangkat keras maupun lunak hp sangat rentan terhadap air dan panas. Jauhkan hp Anda dari keduanya. Jika Anda menggunakan kendaraan sebaiknya ponsel Anda letakan ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung seperti diatas dasboard. Pancaran sinar matahari akan mengganggu kualitas layar ponsel Anda

• Jangan meletakkan ponsel dekat barang-barang elektronik lain
Kenapa tidak boleh meletakan ponsel didekat alat elektronik lain seperti komputer, karena keduanya bisa saling merusak, akibat gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh kedua benda itu. Jangan juga meletakan ponsel didekat disket, karena gelombang yang dipancarkan ponsel akan sangat mudah merusak disket.

• Gunakan pelindung
Menaruh hp dalam saku baju atau celana sangat riskan, karena bisa saja hp jatuh saat Anda menunduk. Demikian juga jika dalam saku celana, tekanan dari paha ke pinggang saat Anda duduk akan membuat tutup baterai jadi longgar. Cara terbaik agar ponsel Anda aman adalah dengan memberi kalung ponsel sehingga bisa digantng di leher.
Untuk menjaga casing tetap mulus, sebaiknya menggunakan sarung ponsel. Selain mengurangi resiko tergores, benturan ataupun terjatuh, tampilan ponsel juga lebih menarik.

• Bersihkan ponsel secara berkala
Bersihkan hp secara berkala dengan menggunakan kain pembersih yang kering. Jenis kain yang bisa digunakan untuk membersihkan terbuat dari bahan katun agar LCD tidak tergores. Bagian dalam ponsel juga sebaiknya dibersihkan, yaitu dengan membuka bagian belakang ponsel, lalu keluarkan sim card dan baterai kemudian bersihkan bagian tersebut dengan kuas/cotton bud. Bagian-bagian yang perlu dibersihkan adalah bagian konektor pemantik yang bergesekan langsung dengan mesin. Hindari berganti-ganti sim card atau sering dilepas bisa merusak simholder. Simholder akan longgar ila sim card sering digonta-ganti.


• Jangan menggunakan aksesoris palsu
Penggunaan aksesoris asli lebih menjamin keawetan ponsel Anda. Penggunaan casing palsu bisa merusak kinerja ponsel secara tidak langsun. Biasanya bentuk dan ukuran casing palsu tidak pas dengan ponsel dan hal ini bisa merusak beberapa bagian ponsel.

• Rawat Kamera
Saat membersihkan lensa kamera atau layar ponsel jangan pernah menggunakan kapas atau tisu. Serbuk-serbuk kecil dan kotoran yang menempel pada lensa tidak bisa dibersihkan dengan kapas atau tisu, justru akan menambah kotor kamera Anda. Sebaiknya gunakan kain pembersih dari kain yang lembut dan mudah menyerap air.


Tips Merawat LCD


Jika ponsel Anda dalam masa garansi sebaiknya jangan melakukan perubahan (modifikasi) apapun di luar petunjuk penggunaan, semisal ingin mengikuti trend mengganti lampu. Sebab jika itu dilakukan, tidak ada jaminan lagi bagi kerusakan ponsel, lagi pula mengganti lampu yang bukan aksesoris resmi dapat menimbulkan risiko kerusakan yang serius pada ponsel kesayangan Anda. Semisal lampu yang mudah pecah atau dudukan yang tidak pas dalam ponsel.

Biasanya setiap ponsel yang telah melewati masa dua tahun pemakaian akan mengalami gangguan pada mulai melemahnya daya pada LCD. Jika demikian datanglah ke service resmi dan gantilah contact LCDnya.

Jangan terlalu sering terkena guncangan, jika dibiarkan lama kelamaan contact LCD akan mengalami kerusakan.

Jangan tertekan atau ditekan. Ini merupakan anjuran penting karena jika sampai tertekan layar LCD akan mengeluarkan cairannya dan dijamin gambar tidak akan keluar.

Jangan terlalu lama terkena sinar matahari langsung, ini dapat mengurangi kinerja kualitas kristal pada LCD.

Jangan sering berada pada suhu dingin, sebab lagi-lagi kinerja LCD akan terganggu.


Sumber : http://www.blogger.com/feeds/4343988418822445591/posts/default

No comments:

Post a Comment